7 Buah yang Mengandung Vitamin B dan Kaya Manfaat

Berita Terbaru

7 Buah yang Mengandung Vitamin B dan Kaya Manfaat

, Maret 28, 2024


Buah yang mengandung vitamin B ada beragam dan kebanyakan mudah didapat. Kandungan vitamin B dalam buah bermanfaat untuk menyehatkan saraf dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Jadi, dengan mengonsumsi buah ini yang kaya akan vitamin B, kamu bisa tetap bertenaga dan senantiasa sehat. 


Agar asupan vitamin B sehari-hari tercukupi, berikut ini adalah berbagai pilihan buah yang mengandung vitamin B: 

1. Apel

Tidak cuma jeruk, apel juga mengandung berbagai vitamin B, tepatnya vitamin B3. Vitamin ini tidak cuma bisa meningkatkan fungsi saraf dan kesehatan kulit, tetapi juga bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, lho.


Selain vitamin B, kandungan lain dalam apel juga terbukti bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah diabetes. Sangat bermanfaat, bukan?

2. Pisang

Pisang juga termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin B. Tak hanya rasanya yang manis dan bisa bikin kenyang, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang baik untuk menyehatkan saraf tubuh. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium dan serat yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol berlebih dalam darah.

3. Alpukat

Alpukat sering jadi buah pilihan saat diet karena bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa lebih mudah terkontrol. Nah, selain itu, buah ini juga mengandung berbagai vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6.


Berkat kandungan vitamin B yang cukup lengkap, alpukat baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan tubuh, khususnya untuk melancarkan pencernaan, mengoptimalkan metabolisme tubuh, dan mencegah penyakit jantung.

4. Anggur

Rasanya yang manis dan segar membuat anggur banyak disukai. Nah, buah ini juga mengandung segudang manfaat, salah satunya karena mengandung berbagai vitamin B.

Vitamin B6 yang banyak terkandung dalam anggur bisa meningkatkan fungsi otak sehingga kamu terhindar dari pikun, demensia, dan penyakit Alzheimer. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mangga

Mangga termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin B, khususnya vitamin B3 dan B5 yang cukup banyak. Vitamin B5 berfungsi membentuk sel darah merah, hormon stres, dan hormon seksual yang tentunya diperlukan oleh tubuh kita.

Nah, selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga bisa menyehatkan kulit dan rambut kita, lho.

6. Jambu

Jambu dikenal kaya akan serat sehingga bisa menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit maupun diare. Di samping itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang tinggi dan berbagai jenis vitamin B, lho. Buah yang mengandung vitamin B ini baik dikonsumsi secara rutin untuk menguatkan imunitas tubuh dan mengontrol berat badan.

7. Semangka

Salah satu buah yang mengandung vitamin B adalah semangka. Ya, buah yang kaya air dan menyegarkan ini juga mengandung vitamin B, khususnya vitamin B5. Jadi, tidak heran buah ini bisa menjaga pencernaan kita agar tetap sehat. Bahkan, kandungan airnya yang tinggi juga bisa mencegah dehidrasi kalau kamu diare

TerPopuler