5 Manfaat Kurma Sukari yang Jarang Diketahui

Berita Terbaru

5 Manfaat Kurma Sukari yang Jarang Diketahui

, Maret 20, 2024

Di balik rasa manisnya, tersimpan manfaat kurma sukari yang begitu banyak. Kurma yang kaya akan kandungan antioksidan ini dipercaya baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan mampu mengendalikan tekanan darah.

Nama sukari berasal dari Bahasa Arab “sukkur” yang memiliki arti gula. Kurma dengan cita rasa yang sangat manis dan berdaging lembut ini menjadi salah satu jenis kurma kualitas premium yang paling terkenal di Arab Saudi.


Kandungan Kurma Sukari

Rasa manis kurma sukari berasal dari kadar gulanya yang tinggi. Meski tinggi gula, kurma ini juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti:

  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalium

Beragam Manfaat Kurma Sukari

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam 100 gram buah kurma terkandung sekitar 7 gram serat. Hal inilah yang membuat kurma sukari dipercaya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, terutama jika dikombinasikan dengan makanan tinggi serat lainnya.

Selain karena kandungan serat, manfaat kurma sukari ini juga didukung oleh kandungan flavonoid di dalamnya. Penelitian membuktikan manfaat flavonoid dalam menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko kambuhnya radang usus atau terjadinya kanker kolorektal.

2. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan flavonoid dan fenolik dalam kurma sukari juga berperan penting dalam menangkal paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, penyebab kematian utama di seluruh dunia. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium.

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam kurma sukari, bahkan diketahui lebih tinggi daripada kalium pada pisang. Kandungan kalium yang tinggi dan sodium yang rendah pada kurma sukari bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Meningkatkan energi

Kandungan gula alami dalam daging buah kurma sukari, seperti glukosa dan fruktosa, dapat diserap dengan cepat oleh usus untuk dijadikan sumber energi bagi sel-sel tubuh. Oleh karena itu, kurma sukari bisa menjadi pilihan yang baik sebagai sumber energi di pagi hari atau saat berolahraga.

5. Menjaga kesehatan tulang

Selain kalium, mineral lain yang terkandung dalam kurma sukari adalah kalsium dan magnesium. Ketiga mineral ini jumlahnya cukup banyak dalam buah kurma sukari.

Kalium, kalsium, dan magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, serta membantu otot, jantung, dan otak Anda bekerja dengan optimal.



TerPopuler